Sabtu, 27 Oktober 2012

Cara Membuat Antena Wajanbolic [Penangkap Sinyal Wifi]

Ternyata kehebatan dunia IT semakin banyak diakui oleh masyarakat bahkan untuk saat ini dari anak-anak usia prasekolah hingga mereka yang telah pensiun berharap bisa mengikuti perkembangan dunia IT khususnya untuk bidang komunikasi melalui internet, ketika internet mulai merebak ternyata banyak pengguna internet tersebut yang mengeluh kesulitan untuk mengaksesnya sehingga akhirnya dengan berbagai macam metode mereka berusaha mencoba mengakses internet, bagi mereka yang suka bereksperimen mencoba mengakses internet dengan menggunakan wireless dengan mengambil dari beberapa hostspot area yang juga mulai berkembang pesat khususnya dikota, marilah kita bersama-sama belajar merakit wajan bolik untuk memperkuat signal penangkapan dari area hostpot tersebut., banyak teman-teman yang tertarik juga untuk membuat wajanbolic. Lumayan loh gan, ngenet SEPUASNYA tanpa dipungut biaya sepeserpun..!! Mari kita simak cara membuat dan merakitnya.

Sebenarnya sudah banyak tersebar di postingan blogger-blogger yang membahas tentang cara membuat penangkap sinyal wifi yang satu ini, bahkan saya pun juga otodidak dari blog-blog nya blogger, hehe..



Berikut penjelasannya berikut gambarnya.

RANCANGAN


PERSIAPAN BAHAN


1 wajan (usahakan yang berukuran 30 cm keatas, lebih besar lebih baik); Pipa paralon ukuran 3"; 2 bh tutup paralon 3"; paralon ukuran 1"-1,5" plus 1 tutupnya untuk tempat wifi usb; 2 bh baut; lakban alumunium (jika susah ditemukan seperti di daerah saya, bisa juga memakai alumunium foil); Wifi USB; kabel perpanjangan USB; tiang yang digunakan untuk tempat antena atau bisa juga dengan memakai bambu; lakban plastik.


CARA PEMBUATAN


1. Lubangi dengan ukuran besarnya baut yang akan dipakai untuk memasang pipa pada wajan persis di bagian tengahnya, carilah titik pusatnya kemudian lubangi juga tutup pipa paralon yang berukuran 3", letakkan tutup pipa ditengah wajan, lalu masukkan baut ke tutup pipa dan wajan yang telah dilubangi tengahnya, kemudian kencangkan


2. Balut sebagian pipa paralon berukuran 3" juga tutup pipa 3" (bagian dalam) dengan lakban alumunium atau alumunium foil. Jika menggunakan alumunium foil jangan lupa balut lagi dengan lakban plastik agar tidak mudah rusak ketika hujan


3. Lubangi pipa yang berukuran kecil dan juga pipa yang dibalut dengan alumunium foil cukup seukuran besar wifi usb saja pada bagian tepi dinding pipa

4. Lubangi tutup pipa 3" yang telah diberi lakban alumunium juga tutup pipa yang kecil, lalu masukkan baut, kencangkan


5. Tempatkan wifi di lubang pipa yang telah dibuat tadi, lalu tutup pipa dengan tutup pipa berlakban alumunium, masukkan pipa kecil yang digunakan sebagai tempat Wifi USB tepat pada tutup pipa kecilnya, tutup rapat.


6. Pasang antena wajan tersebut di tiang yang disediakan


7. Pasang kabel perpanjangan USB pada Wifi USB

8. Arahkan antena menghadap lokasi objek sasaran, dan usahakan jangan sampai arah yang sasaran terhalang oleh bangunan rumah atau gedung, dsb.


9. Sambungkan USB dengan PC atau laptop agan, karena wajanbolic agan siap memberikan internet SEPUAS AGAN!!

Cara tersebut sebatas seperti yang saya terapkan lho.. karena jika dibanding apa yang dimuat oleh blogger lain mungkin ada perbedaan. Dan saya banding-bandingkan tampaknya cara ini adalah cara yang paling mudah dipahami oleh orang awam seperti saya, hehe.. jadi mungkin jika agan bertanya lebih detail dan berbeda dengan metode yang saya pakai, nah.. besar kemungkinan saya belum bisa menjawab dan saya akan sangat senang jika agan berkenan membagi infonya.

Oiya gan, untuk mengikat wajan ke tiangnya saya gunakan besi yang biasa di buat masang antena itu lho gan, kadang juga buat pengaman monitor di warnet juga, entah namanya apa, hehe.. bisa di dapat di toko besi dan bangunan, harganya kalau ga salah kemaren Rp. 3000,- , kalau dudukannya agan bisa minta buatin ke tukang las besi, paling upahnya Rp. 5000,- kalau agan kenal dengan tukangnya bisa juga gratis.. soalnya kemaren saya bikinnya gratis juga.. hehe.. Biar agan ga keliru belinya, besi yang saya maksud ini gan..


trus dipasangnya seperti ini...



Sejauh ini, sinyal yang saya dapatkan lumayan ampuh antara GOOD - EXCELLENT dengan jarak tembak rumah ke TKP kurang lebih 500 m. Agan berminat? silakan dipraktekkan.. tapi awas lho gan, agan harus siap dengan dampak buruknya.

SELAMAT MENCOBA

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar